Lampu langsung ON

Sob,Pasal 107 Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, menyebutkan bahwa (1) Pengemudi kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu utama kendaraan bermotor yang digunakan di jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu, (2) Pengemudi sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Naahh.. saya salah seorang yang setuju dengan undang undang  tersebut,maka dari itu motor kesayangan saya si MioS saya bikin AHO (automatic headlamp on).Lampu langsung nyala meskipun saklar di posisi OFF.

Caranya gampang banget Bro,g sampai 10 menit dan biaya cukupRp 200 rupiah.niihh….caranya..

gambar 1

01.Lepas batok kepala motor,kemudian lepaskan soket yang berhubungan

dengan saklar ON/OFF lampu.Untuk soket saklar lampu ini klo di Mios gandeng dengan kabel yang menghubungkan dengan elektrik starter.

Gambar 2 dan 3

02.klo soketnya sudah lepas disitu terdapat 3 kabel yang berwarna kuning dan 2 kabel berwarna  biru.

03.sekarang hubungkan soket yang berkabel kuning dengan dengan soket yang berkabel biru.Kabel kuning berfungsi sebagai sumber arus listrik dan kabel biru befungsi sebagai penyalur arus listrik lampu senja dan lampu utama.untuk menghubungkan antara ketiga soket tersebut saya menggunakan 2 kabel yang berbeda warna,yaitu kabel hitam dan kabel merah,kabel hitam saya gunakan untuk menghubungkan sumber listrik dengan kabel soket lampu senja,sedangkan kabel merah saya gunakan untuk menghubungkan arus listrik dengan lampu utama.kabel yang saya pakai ini (kabel merah dan hitam) g perlu panjang sob,cukup 2 cm saja!yaaa klo beli cukup setengah meter saja sisanya buat yang lain 😀

gambar 4,pasang kembali soketnya

04.Jika ke3 kabel soket sudah terhubung kini tinggal pasang lagi soketnya 😀

Semoga bermanfaat,dan selamat mencoba.

Iklan

About Rudy SouL

Biker-blogger yang masih minim pengetahuan dan pengalaman.Tapi bukan g tahu apa-apa dan nggak punya pengalaman apapun.

16 responses

  1. cafebiker berkata:

    pertamax, absen selanjutnya ijin nyimak :mrgreen:

  2. Rudy 5-0-u-1 berkata:

    cafebiker : monggo mas bro 😀

  3. B M W ♣ berkata:

    Yg aho aja tak kasih saklar,ni kebalik.

  4. Rudy 5-0-u-1 berkata:

    BMW : sama ngeyelnya bro :mrgreen:

  5. mbr666 berkata:

    lho pertamax dah ada yg ngisi,baca dlu aja lha.

  6. Rudy 5-0-u-1 berkata:

    mbek : di isi srigala,anda belum belum beruntung 😀

  7. ipanase berkata:

    asekkk, gampang

  8. motor AHO kl lewat di kampung malam2 ga enak nih, lampunya nyorot ke org2 kampung 😦

  9. Rudy 5-0-u-1 berkata:

    souverein : biar g di tilang mas bro… 😀

    gamis kaos cantik : mungkin karena mas bro pakai lampu di posisi beam

  10. gogo berkata:

    nice.. klo g sakler dion kan terus dilim alteko

  11. nanared berkata:

    hm,kalo ane rencana ganti lampu senja aja pake led,dit4 ane boro2 lampu AHO,helm aja masih malas pake

    • Rudy 5-0-u-1 berkata:

      gogo : saklar yang nganggur rencana mo dipakek buat lampu angle eyes yang kemaren saya lepas.

      nanared : g pake helm???awas di semprit polis loh…!!!disemprit doank g ditilang.. :mrgreen:

  12. Skips berkata:

    Klo kbanykan orang sih motor yg AHO lsg diganti saklar walaupun ad jga yg pindah ke merk lain, yg ini kok malah nyentrik
    😀

  13. Rudy 5-0-u-1 berkata:

    Skips : soalnya saya pelupa mas bro…!!takutnya saya lupa nylakan lampu pas ada operasi polisi!! :mrgreen:

  14. gesang86 berkata:

    Lach….lampuku AHA ki pie,cak???xixixixiixxiiiiii….!!!