ilustrasi

Sob,pernahkan anda menghitung berapa uang yang anda keluarkan untuk mencukupi kebutuhan motor anda???dari mulai service normal,service up normal,bensin,ganti olie dll??

Iseng iseng saya menghitung berapa rupiah uang yang harus saya keluarkan dalam setahun untuk sebuah motor,dan berikut hasil perhitungan saya.

A. Bensin.

  Jika angka di speedo meter motor menunjukkan angka 63.863 km.jika di ambl rata rata 1 liter = 30 km berarti 63.863/30 = 2.128 liter bensin.

2.128 x 4.500 = Rp 9.548.100. jadi untuk 63.863 km di butuhkan uang sebesar 9.548.100.

B. Service.

Untuk biaya service saya hitung demikian;

service sekali dalam 3 bulan biaya servis @ 25 ribu (bengkel resmi) jika dulu belinya bulan 9 tahun 2001 berarti sampai sekarang sudah 22 kali service.jadi untuk biaya saervice 22 x Rp 25.000. = Rp 550.000.

C. Ganti olie.

Ganti olie saya lakukan setiap sebulan sekali jauh dekat tetap di ganti dengan biaya Rp 29.000. (olie resmi pabrikan) samapi sekarang sudah 46 kali ganti olie.jadi untuk biaya ganti olie saya hitung 46 x 29.000. = Rp 1.334.000.

Jadi biaya yang saya keluarkan untuk adalah A + B + C = total biaya.

9.548.1oo. + 550.000 + 1.334.000. = 11.432.100. 

Baya motor selama 3 tahun 10 bulan adalah Rp  11.432.100.

Lumayan juga ya…!!!! 

NB : biaya hanya untuk pengeluaran normal tidak termasuk asesoris motor.

Iklan

About Rudy SouL

Biker-blogger yang masih minim pengetahuan dan pengalaman.Tapi bukan g tahu apa-apa dan nggak punya pengalaman apapun.

20 responses

  1. Maskur berkata:

    Nggak usah dihitung.. Nambahi pikiran..

  2. zaqlutv berkata:

    wah biaya normalnya sama dengan nabung buat beli motor bebek baru tanpa harus dicekik sama leasing..

  3. Rudy SOUL ™ berkata:

    Maskur : iseng kang.ternyata banyak juga biayanya.

  4. PakBambangNunggangJaran berkata:

    jika ga mo nguarin uang segitu jalan kaki, cuma ngitung abis sandal jepit berapa pasang untuk menempuh 63.863, sandal jepit 10.000 rata-rata buat jalan 500km 127 pasang sandal x 10000 = 1.270.000 murah puolll

  5. Rudy SOUL ™ berkata:

    PBNJ : buahahahahaha…..bener pak!!!

  6. gesang86 berkata:

    Halach-halach…..ra sido urip,kang…???lak ngunu terus…!!!
    ra iso touring,jadi stresss…njur tewas lak’an???

  7. edwin_b@n63t berkata:

    lah piye nek atek di modip n laene….matiii ingeluuu ndaseee……

  8. boerhunt berkata:

    lah..jas hujan, sarung tangan, dan semua safety gear blom dimasukkan ? hehehe.. tp yg jelas (jauh) lebih murah dari mobil lah..dr ngangkot aja lebih murah (perhitunganku)

    nitip mas bro

    http://boerhunt.wordpress.com/2011/07/13/moge-mulai-bermunculan-resmi-akankah-regulasi-mengikutinya/
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/07/14/kualitas-produk-jepang-pabrikan-china-meragukan/

  9. Basho berkata:

    Kalo urusan ngitung2 biaya, saya jadi inget. Servis berikutnya saya kepaksa masih harus ganti kampas rem depan + belakang, klaher belakang, filter oli, filter udara, busi, sama ban depan yang udah mulai botak…………

  10. wah aku ra tau ngitung Mas, woakeh juga..

  11. shogun110tromol berkata:

    2 jt mungkin udah ada…….

  12. maRio berkata:

    hitung juga mas bro berapa duit manfaat dari kendaraan itu…

    buat nganter qt kekantor…
    Buat nyari cew
    nganterin emak ke pasar
    buat digadain dulu klo butuh duit

    pasti hitungannya lebih menguntungkan 😀

  13. Dismas berkata:

    ane tembus 4 juta… baru 26.500an km… Belum termasuk perbaikan setelah kecelakaan plus biaya modifnya…

  14. Rudy SOUL ™ berkata:

    maRio : oowww…itu pasti bro!!!

    Dismas : abis jatuh ya bro!!!ati ati bro.

  15. dr4k3 berkata:

    motor bebek ane shogun 125R
    di spedo udah:
    anggap 1L = 30 (sama)
    99934/30= 3331.133333
    3331.133333*4500 = 14990100

    banyak bener selama pemakaian shogun 7 tahun ini. hahahah

  16. nobu berkata:

    wuih lumayan juga yah bisa beli motor baru satu lagi..hahahahhaa

  17. YAYA berkata:

    Pulsar P135 ane:
    jarak tempuh 15000 km,
    BBM kr2 50km/ltr = 300 liter @4500 = Rp 1.350.000
    ganti oli 6X @ 40.000 = Rp. 240.000
    ganti filter oli 2X @ 7500 = Rp 15.000
    servis rutin 3X @ 25.000 = 75.000
    total = Rp 1.680.000
    masih irit loh, selama 8 bulan, rata2 210rb/bln

  18. gogo berkata:

    wah gede juga, setelah ane hitung dg rumus sama. biaya ane 3.535.000, jarak dah 28000 km, umur motor dah 2 tahun.