Simple memnag,Tapi jangan disepelekan!!!!!banyak orang masa bodoh dan tidak mau ambil pusing dengan barang yang satu ini (busi),Hanya tampilan luara saja yang menjadi perhatian,namun pernik mesin yang sekecil kecilnya malah dilupakan.

Padahal busi sangat penting peranya ,karena tanpa percikan api dari busi mesin tidak akan bysa hidup.Untuk mendapatkan hasil dan kinerja mesin yang sempurna,tentunya busi harus dirawat sebaik baikya.Secara berkala mesti rajin memperhatikan kondisi busi.
Naah berikut ada beberapa tips sederhana dan praktis untuk merawat busi

1.sebelum melepas busi,bersihkan dulu lubang busi.Periksa apakah Cop (penutup busi)apabila sudah pecah pecah atau rapuh segera lakukan penggantian.Karena apabila kemasukan air ini bisa jadi kendala di tengah perjalanan.
2.Buka busi dengan menggunakan kunci busi yang sesuai dengan ukuranya.Jangan sekali kali menggunakan kunci pas untuk melepaskan busi (kecuali urgent).
3.Bersihkan busi dengan menggunakan minyak tanah atau bensin lalu keringkan.
4.Bersihkan elektroda massa dengan kikir plat tipis.
5.Ukur celah busi dan sesuaikan dengan standart ketentuan,untuk mengoptimalkan kinerja busi.jika terlalu renggang maka akan menyebabkan performa mesin menurun dan pemakaian bahan bakar akan lebih boros.
6.Ulangi perawatan berkala ini Maximal pada 5000km.bersihkan dengan cara disemprot angin atau disikat untuk menghilangkan kotoran dan kerak pada busi.
7.Segera ganti busi jika keadaanya sudah kurang bagus,dan sebaiknya membawa busi cadangan sebagai antisipasi jika sewaktu waktu mati di jalan.

Ayo rek sing rajin ngrawat motor,ojo muk di tumpaki thok….

Sumber : Otoplus.

Iklan

About Rudy SouL

Biker-blogger yang masih minim pengetahuan dan pengalaman.Tapi bukan g tahu apa-apa dan nggak punya pengalaman apapun.

2 responses

  1. cbngluyur berkata:

    Jangan lupa kalo touring solo bawa kunci busi . Jangan cuma cadangannya…